RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI AL-AMIN
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhkaq
Kelas/semester :
V (Lima) /1 (satu)
Materi :
Akhlaq Tercela
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A.
KOMPETENSI INTI
KI-1 Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
1.4 Menghayati
ketentuan untuk menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa
dalam krhidupan sehari-hari.
2.4 Membiasakan diri
untuk menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam
krhidupan sehari-hari.
3.4 Memahami akhlak
tercela sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam krhidupan
sehari-hari.
4.4 Menyajikan
contoh menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam
krhidupan sehari-hari.
C.
INDIKATOR
1.4.1 Siswa
mampu mengamalkan perilaku menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam
kehidupan sehari-hari.
2.4.1 Siswa
mampu membiasakan menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam
kehidupan sehari-hari.
3.4.1 Siswa mampu
menjelaskan dampak buruk sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa
dalam kehidupan sehari-hari..
4.4.1
Siswa mampu mensimulasikan cara menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah,
dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran maka peserta didik mampu:
1. Menjelaskan
sifat pesimis, bergantung,
serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari.
2. Melalui
kegiatan sehari-hari siswa mampu mengamalkan sikap menghindari sifat pesimis, bergantung,
serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari.
3. Melalui diskusi siswa
mampu menyebutkan dampak buruk sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus
asa dalam kehidupan sehari-hari
4.
Melalui penjelasan siswa mampu mensimulasikan cara
menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan
sehari-hari.
E. STRATEGI & METODE PEMBELAJARAN
Strategi : Role Playing
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. MATERI POKOK
Akhlaq tercala ialah
akhlaq atau perilaku yang tidak terpuji, banyak akahlaq tercela yang harus
dihindari agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, dan juga agar
senantiasa diri kita tetap dijaga dan dipelihara dari menjauhi sifat-sifat yang
tidak baik dan merupakan menjadi penyakit hati.
Banyak macam-macam akhlaq tercela yang musti
dihindari seperti ;
1. Sifat pesimis
Sifat pesimis merupakan sifat mudah menyerah
dan tidak percaya diri terhadap sesuatu, jika kita terus menerus memiliki sifat
ini maka akan berdampak bagi kehidupan bersosial kita sehari-hari, hati kita
akan merasa kecil dan tidak bisa memandang baik diri kita maupun perjuangan
kita terhadap semangat untuk hidup.
2.
Sifat bergantung
Sifat bergantung merupakan sifat tercela yang dapat
merugikan orang lain sebab sifat bergantung membuat kita merasa malas dan
selalu menyusahkan orang lain dalam kehidupan ermasyarakat.
3.
Sifat serakah
Sifat serakah merupakan akhlaq tercela yang sangat
buruk sebab itu akan membuat hati kita menjadi keras dan selalu ingin merbut
hak-hak orang lain.
4.
Sifat putus asa
Sifat putus asa ialah
akhlaq tercela yang membuat kita menjadi kurang semangat dalam hidup yang
membuat lama kelamaan menjadi hambatan dalam bersoialsisi maupun dalam berjuang
untuk menuntut ilmu, jika kita cepat berputus asa kita akan sulit untuk
menuaihasil yang baik dalam hidup.
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Sumber pembelajaran:
1. Buku Ajar Aqidah Akhlaq
MI Kementerian Agama RI
·
Media pembelajaran :
1. LCD
2. Kertas Manila
3. Kertas warna
4. Crayon/ pensil warna
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Metode
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
· Guru mengawali dengan mengucapkan
salam, menyapa, serta menanyakan kabar siswa
· Guru memeriksa kehadiran,
kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
· Guru menyapa peserta didik dengan
memperkenalkan diri kepada peserta didik.
· Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
· Guru memberikan pertanyaan secara
komunikatif terhadap materinya :
“Sudah
berbuat baik apa sajakah hari ini?”
Kemudian menyangkutkan apresiasi
jawaban siswa kepada materi yang akan dibahas
|
Ceramah
|
10 Menit
|
KegiatanInti
|
Mengamati
·
Siswa
mengamati gambar yang
ditampilkan di LCD
Menanya
·
Siswa bertanya maksud gambar yang ditayangkan
·
Siswa bertanya makna interaksi gambar yang ditayangkan
Mengeksplorasi/ mengumpulkan informasi
·
Siswa
dibagi menjadi 4
kelompok
·
Siswa dibagikan
kartu secara acak yang berisi tentang materi (Sifat pesimis, bergantung, dan
serakah)
·
Siswa mendiskusikan dengan kelompok perihal tugas
bermain peran.
·
Siswa secara
bergantian tiap kelompok maju ke depan kelas untuk melakukan tugas
Menalar
·
Setelah
mensimulasikan, siswa diberikan sebuah kartu
·
Siswa berdiskusi sejenak menuliskan hikmah
kerugian memiliki sifat tercela dalam materi
·
Siswa menempelkan kartu hasil diskusi ke media tempel
Mengkomunikasikan
·
Setiap
kelompok mempresentasikan hasilnya didepan kelompok yang lain
·
Siswa
yang lain mengoreksi dan berpendapat tentang hasil diskusi kelompok lain
|
Tanya
Jawab
Search
Informa-
tion
Diskusi
|
20
Menit
20
Menit
10
Menit
|
Penutup
|
·
Siswa dan guru
melakukan review atau refleksi untuk mendapatkan kesimpulan
·
Siswa menerima tugas dari
guru untuk pertemuan berikutnya
·
Siswa berdo’a
tanda pelajaran berakhir
·
Siswa menjawab
salam dari guru sebagai tanda pembelajaran telah berakhir
|
Ceramah
|
10
Menit
|
I. PENILAIAN
1.
Penilaian
Sikap
Lembar Pengamatan
Sikap Spiritual
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas nikmat/karunia
Allah SWT
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam
sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengucapkan kalimat thayyibah saat melihat,
mendengar atau merasakan sesuatu
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Allah saat
mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Keterangan:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Petunjuk Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Kriteria Nilai:
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Lembar Pengamatan Sikap Disiplin
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Sikap
yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
6
|
Mengikuti kegiatan praktik sesuai dengan
langkah yang ditetapkan
|
|
|
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Jawaban
YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Kriteria Nilai:
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
2.
Penilaian
Pengetahuan
Teknik :
Tertulis
Bentuk :
Uraian
Intrumen :
1.
Jelaskan
pengertian akhlaq tercela!
2.
Jelaskan pengertian sifat pesimis, dan bergantung!
3.
Jelaskan pengertian sifat serakah dan putus asa!
4.
Apa dampak berperilaku tercela?
5.
Apa hikmah menghindari sifat pesimis, bergantung,
serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari?
Petunjuk Penskoran :
Jawaban Benar dan Lengkap diberi skor 20
Skor 20
|
Skor 10
|
Akhlaq tercela merupakan akhlak atau perbuatan yang tidak terpuji yang
harus dihindari
|
Akhlak tercel adalah akhlak buruk
|
Sifat pesimis adalah sifat mudah menyerah dan harus dijauhi
Sifat bergantung adalah sifat
buruk yang berupa bergantung pada orang lain
|
Sifat pesimis adalah sifat buruk
Sifat bergantung adalah sifat buruk
|
Sifat serakah adalah sifat yang semaunya sendiri dalam memiliki
sesuatu
Sifat putus asa adalah sifat yang mudah menyerah
|
Sifat serakah adalah sifat buruk
Sifat putus asa adalah sifat buruk
|
Merugikan diri sendiri dan membuat diri semakin berdosa
|
Membuat rugi
|
Dapat menjaga diri dari sikap buruk, menjadi orang yang baik
|
Baik
|
Jawaban Benar tapi tidak Lengkap diberi skor 10
Jawaban Salah diberi skor 0
3.
Penilaian
Praktik
Teknik : Demonstrasi
Bentuk:
Bermain Peran
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Yang Dinilai
|
||
Kerjasama Tim
|
Penguasaan Materi
|
Percaya Diri
|
||
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
Pedoman penskoran
4
|
=
sangat baik
|
(jika ketiga/semua aspek yang dinilai
terpenuhi)
|
3
|
= baik
|
(jika ada dua aspek yang dinilai terpenuhi)
|
2
|
=
cukup
|
(jika hanya satu aspek yang dinilai
terpenuhi)
|
1
|
=
kurang
|
(jika semua aspek yang dinilai tidak
terpenuhi)
|
Pedoman
Penilaian:
Nilai = x 100
|
Jumlah Skor
|
Skor maksimal
|
Kriteria
Nilai
A = 80 –
100 = Baik sekali
B = 70 –
79 = Baik
C = 60 –
69 = Cukup
D = < 60 =
Kurang
Mengetahui
Kepala MI,
( Dr. Muhammad Arrumi )
NIP:
|
|
Surabaya, 26 Sep 2017
Guru Mata Pelajaran
( M Fathurridho.Mpd )
NIP:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar