Selasa, 26 Desember 2017

RPP FIQIH MI KELAS 5 KHITAN

Berikut contoh RPP FIQIH Materi Khitan untuk kelas 5





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   MI AL-AMIN
Mata Pelajaran                    :   Fiqih
Kelas/semester                    :   V (Lima) /1 (satu)
Materi                                  :   Khitan
Alokasi waktu                     :  2 x 35 menit        

A.    KOMPETENSI INTI    
KI-1          Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2          Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya   diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3          Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4          Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR          
1.2      Menghayati nilai-nilai perintah dan ketentuan dalam khitan
2.2      Membiasakan perilaku tanggung jawab dan percaya diri sebagai implementasi diri
                 sebagai pemahaman terhadap perintah dan ketentuan khitan
 3.2      Memahami perintah dan ketentuan khitan
4.2      Mensimulasikan pelaksanaan khitan.

C.    INDIKATOR
1.2.1 Siswa mampu mengamalkan nilai-nilai kebersihan dalam ketentuan khitan
2.2.1 Siswa mampu mencontohkan perilaku tanggung jawab dan percaya diri sebagai
    implementasi diri sebagai pemahaman terhadap perintah dan ketentuan khitan
3.2.1 Siswa mampu menjelaskan pengertian khitan.
4.2.1 Siswa mampu mempraktikkan simulasi plaksanaan khitan.
.




D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran maka peserta didik mampu:
1.      Mengamalkan nilai kebersihan seperti menjaga kebersihan badan, dan lingkungan sebagai bentuk nilai mengamalkan ketentuan khitan.
2.      Melalui kegiatan sehari-hari siswa mampu mengamalkan perilaku tanggung jawab dan percaya diri sebagai implementasi diri sebagai pemahaman terhadap perintah dan ketentuan khitan
3.      Melalui diskusi siswa mampu memahami dan menjelaskan perintah dan ketentuan khitan
4.      Melalui penjelasan lewat penanyangan video tata cara khitan siswa mampu mempraktikkan simulasi plaksanaan khitan
E.      STRATEGI & METODE PEMBELAJARAN
Strategi                  : CTL
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     MATERI POKOK
Khitan menurut bahasa memotong, menurut istilah khitan memotong quluf yang menutupi ujung kemaluan laki-laki dengan tujuan agar bersih dari kotoran dan suci dari najis. Sejarah khitan berpangkal dari millah (ajaran agama) Nabi Ibrahim AS, Khitan dilakukan Nabi Ibrahim saat berumur 80 tahun dengan menggunakan kapak.
Hukum khitan dalam Islam bagi laki-laki secara fikih adalah wajib dan bagi perempuan merupakan sunnah karena suatu kemuliaan
Waktu terbagi dua :
Waktu wajib khitan adalah saat sudah masuk akil baliq
Waktu sunah khitan adalah sebelum balig.Sedangkan waktu ikhtiar (pilihan yang baik untuk dilaksanakan) adalah hari ketujuh setelah lahir, atau 40 hari setelah kelahiran, atau juga dianjurkan pada umur 7 tahun
Hikmah  Khitan
a.       Menjaga kebersihan dan kesucian badan
b.      Merupakan tanda kesempurnaan seorang muslim
c.       Menjadikan kemaluan lebih bersih dan mudah membersihkannya.
d.      Sebagai ciri pengikut Nabi Muhammad SAW dan pelestari syariat Nabi Ibrahim as.
e.       Mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

G.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·        Sumber  pembelajaran:
1.      Buku Ajar Fiqih MI Kementerian Agama RI
·          Media pembelajaran :
1.      LCD
2.      Kertas Plano



H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Metode
AlokasiWaktu
Pendahuluan
·       Guru mengawali dengan mengucapkan salam, menyapa, serta menanyakan kabar siswa
·       Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·       Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
·       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·       Guru memberikan pertanyaan secara komunikatif terhadap materinya :
“Sudahkah anak-anak menjaga kebersihan badan?”
Kemudian menyangkutkan pembicaraan tersebut pada materi inti



Ceramah
10 Menit
KegiatanInti
Mengamati
·         Siswa mengamati gambar yang ditampilkan di LCD
Menanya
·         Siswa bertanya maksud gambar yang ditayangkan
·         Siswa bertanya makna interaksi gambar yang ditayangkan
Mengeksplorasi/ mengumpulkan informasi
·         Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
·         Siswa disetiap kelompok dibagikan kertas plano untuk mendiskusikan perihal menjaga kebersihan dengan dikaitkan kepada khitan
·         Siswa setiap kelompok maju kedepan kelas untuk mengemukakan hasil diskusi dengan mencontohkan salahsatu cara implementasi dari perilaku menjaga kebersihan, bertanggung jawab dan percaya diri sebagai wujud implementasi dari ketentuan khitan.
Menalar
·         Setelah mensimulasikan, siswa diberikan sebuah tayangan video
·         Siswa berdiskusi sejenak dengan menelaah video tata cara khitan
Mengkomunikasikan
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil melihat video dengan cara mensimulasikan dan mempresebtasikan ke depan kelas
·         Siswa yang lain mengoreksi dan berpendapat tentang hasil diskusi kelompok




Tanya Jawab




Search Informa-
tion











Diskusi





20
Menit




20 Menit







10
Menit



Penutup
·         Siswa dan guru melakukan refleksi dan tanya jawab untuk mendapatkan kesimpulan
·         Siswa menerima tugas dari guru untuk pertemuan berikutnya
·         Siswa berdo’a tanda pelajaran berakhir
·         Siswa menjawab salam dari guru sebagai tanda pembelajaran telah berakhir



Ceramah
10
Menit

I.       PENILAIAN
1.      Penilaian Sikap
Lembar Pengamatan Sikap Spiritual

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok                           : …………………..



No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran




2
Mengucapkan rasa syukur atas nikmat/karunia Allah SWT




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengucapkan kalimat thayyibah saat melihat, mendengar atau merasakan sesuatu




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Allah saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Keterangan:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang 
      tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak 
      melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Kriteria Nilai:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33



Lembar Pengamatan Sikap Disiplin

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti kegiatan praktik sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah



Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Kriteria Nilai:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33

2.      Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tertulis
Bentuk            : Uraian
Intrumen         :

1.         Jelaskan pengertian khitan menurut bahasa!
2.         Jelaskan pengertian khitan menurut istilah!
3.         Jelaskan sejarah diperintahkannya khitan!
4.         Apa hukum khitan bagi laki-laki dan perempuan?
5.         Apa hikmah berkhitan?

Petunjuk Penskoran :
Jawaban Benar dan Lengkap diberi skor 20
Skor 20
Skor 10
Khitan menurut bahasa memotong
Memotong
Menurut istilah khitan memotong quluf yang menutupi ujung kemaluan laki-laki dengan tujuan agar bersih dari kotoran dan suci dari najis.
Memotong quluf agar suci
Sejarah khitan berpangkal dari millah (ajaran agama) Nabi Ibrahim AS, Khitan dilakukan Nabi Ibrahim saat berumur 80 tahun dengan menggunakan kapak.
Saat masa Nabi Ibrahim
Hukum khitan dalam Islam bagi laki-laki secara fikih adalah wajib dan bagi perempuan merupakan sunnah karena suatu kemuliaan

Wajib dan sunnah
Hikmah  Khitan
a.       Menjaga kebersihan dan kesucian badan
b.      Merupakan tanda kesempurnaan seorang muslim
c.       Menjadikan kemaluan lebih bersih dan mudah membersihkannya.
d.      Sebagai ciri pengikut Nabi Muhammad SAW dan pelestari syariat Nabi Ibrahim as.
e.       Mencegah timbulnya berbagai macam penyakit
Dijawab kurang dari 5

Jawaban Benar tapi tidak Lengkap diberi skor 10
Jawaban Salah diberi skor 0













3.      Penilaian Praktik
Teknik : Demonstrasi
Bentuk: Simulasi Khitan

No.
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Kerjasama Tim
Penguasaan Materi
Percaya Diri
1.




2.




3.




4.




5.





Pedoman penskoran
4
 = sangat baik
(jika ketiga/semua aspek yang dinilai terpenuhi)
3
 = baik
(jika ada dua aspek yang dinilai terpenuhi)       
2
 = cukup
(jika hanya satu aspek yang dinilai terpenuhi)
1
 = kurang
(jika semua aspek yang dinilai tidak terpenuhi)

Pedoman Penilaian:
Nilai =                                           x 100
Jumlah Skor
Skor maksimal
 





Kriteria Nilai
A = 80 – 100   = Baik sekali
B = 70 – 79     = Baik
C = 60 – 69     = Cukup
D = < 60          = Kurang
Mengetahui
Kepala MI,


( Dr. Muhammad F )
NIP:

Surabaya, 26 Sep 2017
Guru Mata Pelajaran


( M Fathurridho.MPd )
NIP:



1 komentar:

  1. Sangat menginspirasi skali dan bermanfaat untuk rpp nya bpk, dn sangat bagus, untuk video tata cara khitan yang disimulasikan oleh peserta didik, munhkin bpk bisa berbagi, karena terus terang sampao sekarang sangat jarang dalam rpp simulasi khitan dicantumkan.trmksh sebelumnya

    BalasHapus